Perlu Login atau Daftar untuk menyerahkan naskah.

Daftar Tilik Penyerahan Naskah

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.
  • Penyerahan belum diterbitkan sebelumnya, atau sedang dalam pertimbangan jurnal lain (atau sebuah penjelasan belum disediakan dalam komentar kepada editor).
  • Artikel orisinil dari penulis dan tidak mengandung plagiasi.
  • Teks 1 spasi; font Cambri 12; tidak digaribawahi (kecuali alamat URL); dan semua ilustrasi, figur, dan tabel yang ditempatkan di dalam teks pada poin yang tepat, jangan di akhir.
  • Teks yang mematuhi persyaratan mengenai perpustakaan dan gaya bahasa digambarkan secara garis besar di Petunjuk Penulis, yang akan ditemukan dalam halaman Tentang Kami.

Panduan Penulis

PEDOMAN PENULISAN ARTIKEL

  1. Sistimatika Penulisan Artikel

    Template artikel dapat diunduh disini. Tersedia juga contoh artikel kualitatif dan kuantitatif.

    1. Judul

      Judul ditulis singkat, jelas, maksimum 12 kata dalam Bahasa Indonesia atau 10 kata dalam bahasa Inggris, ditulis dengan huruf kapital, jenis huruf Cambria ukuran 12, ditulis rata tengah tanpa diakhiri tanda titik.

    2. Nama penulis, e-mail dan institusi

      Nama penulis (tanpa gelar akademik), alamat e-mail, dan nama institusi ditulis di bawah judul artikel. Bila naskah ditulis oleh tim, penyunting hanya berhubungan dengan penulis utama, atau penulis yang namanya tercantum dalam urutan pertama.

    3. Abstrak dan kata kunci

      Abstrak ditulis dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia dengan jumlah kata antara 150-200, memuat secara ringkas dan jelas tentang masalah penelitian, tujuan, metode, dan hasil serta simpulan. Kata kunci terdiri dari 3-5 kata, ditulis dalam satu spasi setelah abstrak.

    4. Pendahuluan

      Berisi uraian tentang latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan penelitian.

    5. Tinjauan teoretis

      Berisi uraian tentang teori-teori dan penelitian terdahulu yang menjadi landasan pengembangan hipotesis (bila ada) dan model penelitian.

    6. Metode Penelitian

      Berisi uraian tentang jenis penelitian dan gambaran dari populasi (objek) penelitian, teknik pengambilan sampel, teknik pengumpulan data, variabel dan definisi operasional variabel (satuan kajian untuk penelitian kualitatif), dan teknik analisis data.

    7. Analisis dan Pembahasan

      Berisi uraian tentang analisis data penelitian dan pembahasan tentang temuan penelitian.

    8. Simpulan dan Saran

      Berisi tentang simpulan penelitian, saran, dan keterbatasan penelitian.

    9. Daftar Pustaka
  2. Format Penulisan
    1. Artikel diketik menggunakan microsoft word dengan huruf Book Antiqua ukuran 11 dengan jarak baris satu spasi pada kertas A4.
    2. Marjin kertas: sisi kiri, kanan, atas dan bawah masing-masing 2,5 cm.
    3. Panjang artikel berkisar antara 20-25 halaman, termasuk daftar pustaka.
    4. Semua halaman, termasuk daftar pustaka dan lampiran harus diberi nomor urut.
  3. Tabel dan Gambar
    1. Setiap tabel diberi nomor urut dan judul lengkap diletakkan di atas tabel, sedangkan untuk gambar, nomor urut dan judul diletakkan di bawah gambar, disertai sumber kutipan dengan menggunakan tipe huruf Book Antiqua ukuran 9 dicetak tebal.
    2. Gambar harus disiapkan dalam bentuk yang dapat dicetak dan berwarna hitam putih.
    3. Tabel tidak menggunakan garis kolom.
  4. Kutipan

    Penulis wajib menggunakan kakas bantu sitasi, seperti Zotero, Endnote, atau Mendeley untuk memastikan cara pengacuan dan penulisan daftar pustaka yang sesuai dengan gaya penulisan di jurnal Kiat.

    1. Sumber kutipan dalam teks ditulis di antara kurung buka dan kurung tutup yang menyebutkan nama belakang (akhir) penulis, tahun, dan nomor halaman. Contoh:
      1. Satu sumber kutipan dengan satu penulis: (Asyik, 2006), jika disertai dengan halaman: (Asyik, 2006: 289)
      2. Satu sumber kutipan dengan dua penulis: (Cooper dan Schlinder, 2003: 24)
      3. Satu sumber kutipan lebih dari dua penulis: (Guan et al., 2009)
    2. Jika penulis lebih dari dua orang, hanya nama penulis pertama yang disebutkan pada teks. Contoh: Guan et al. (2009: 59) menyatakan…
    3. Dua sumber kutipan dengan penulis yang sama: John (2006, 2007); jika tahun publikasi sama: Sumiyana (2007a, 2007b).
    4. Sumber kutipan berupa banyak pustaka dengan penulis yang berbeda-beda: (Yermack, 1997; Aboody dan Kasznik, 2000; Guan et al., 2000).
    5. Sumber kutipan tidak menyebut nama penulis, tetapi menyebut suatu lembaga atau badan tertentu: Badan Pusat Statistik (2006).
  5. Daftar Pustaka

    Setiap artikel harus memuat daftar pustaka (hanya yang menjadi sumber kutipan) yang disusun berurutan secara alfabetik berdasarkan nama belakang penulis atau nama institusi. Daftar pustaka yang dirujuk diharapkan 10 tahun terakhir, kecuali rujukan yang memang penting dan tidak dapat dihindari, dengan proporsi pustaka primer minimal 81% dan 19% sumber referensi sekunder. Referensi primer terdiri atas jurnal, proseding/makalah, laporan penelitian, skripsi, tesis, disertasi, sedangkan referensi sekunder seperti buku umum dan sumber internet dengan tata cara penulisan sebagai berikut:

    1. Pustaka Primer (Jurnal)

      Nama belakang, inisial nama depan (jika ada), tahun penerbitan, judul artikel, nama jurnal (cetak miring), volume (nomor) jurnal, halaman artikel dalam jurnal. Agar lebih jelas, lihat contoh cara penulisan berikut:

      1. Satu penulis:

        Glover, S. 2000. The Influence of Time Pressure and Accoutability on Auditors’ Processing of Nondiagnostic Information. Journal of Accounting Research 35(2): 213-226.

      2. Dua penulis:

        Veronica, S. dan Y. S. Bachtiar. 2005. The Role of Governance in Preventing Misstated Financial Statement. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia 2(1): 159–173.

      3. Lebih dari dua penulis:

        Vermunt, R., D. V. Knippenberg, B. V. Knippenberg, dan E. Blauw. 2001. Self-Esteem and Out-come Fairness: Differential Importance of Procedural and Outcomes Considerations. Journal of Applied Psychology 86: 621-628.

    2. Prosiding

      Nama belakang, inisial nama depan (jika ada), tahun penerbitan, nama prosiding (cetak miring), penerbit (cetak miring), halaman. Contoh:
      Dewi, A. R. 2003. Pengaruh Konservatisme Laporan Keuangan Terhadap Earnings Response Coeficient. Prosiding Simposium Nasional Akuntansi VI Surabaya: 119-159.

    3. Skripsi/Tesis/Disertasi

      Nama belakang, inisial nama depan (jika ada), tahun, judul skripsi/thesis/ disertasi, skripsi/thesis/disertasi (cetak miring), nama penerbit, kota penerbit. Contoh:
      Natsir, M. 2008. Studi Efektivitas Mekanisme Transmisi Kebijakan Moneter di Indonesia Melalui Jalur Suku Bunga, Jalur Nilai Tukar, dan Jalur Ekspektasi Inflasi Periode 1990:2-2007:1. Disertasi. Program Pasca Sarjana Universitas Airlangga. Surabaya.

    4. Buku Teks

      Nama belakang, inisial nama depan (jika ada), tahun penerbitan, judul buku (cetak miring), edisi buku, nama penerbit, kota penerbit. Contoh:

      1. Satu penulis:

        Wiley, J. 2006. Corporate Finance. 3rd ed. Mc. GrowHill. Los Angeles.

      2. Dua penulis:

        Merna T. dan F. F. Al-Thani. 2008. Corporate Risk Management. 2nd ed. John Welly and Sons Ltd. England.

    5. Internet

      Nama belakang, inisial nama depan (jika ada), tahun, judul, alamat e-mail (cetak miring), tanggal akses. Contoh:
      Himman, L. M. 2002. A Moral Change: Business Ethics After Enron. San Diego University Publication. http:ethics.sandiego. edu/LMH/oped/Enron/index.asp. Diakses tanggal 27 Januari 2008.

  6. Penyerahan Artikel
    1. Artikel dikirim ke jurnal Kiat (http://jurnalkiatuir.com/index.php/kiat/about/submissions) dilengkapi nama, alamat e-mail, dan nama institusi.
    2. Artikel yang dikirim harus dilampiri surat pernyataan bahwa artikel tersebut belum pernah diterbitkan atau tidak sedang dalam proses penerbitan di jurnal lain, yang dibuktikan dengan pernyataan tertulis yang ditandatangani oleh penulis (bermaterai Rp 6000).
    3. Jika artikel menggunakan pendekatan survei atau eksperimen, maka seluruh instrumen (kuesioner, kasus, rencana wawancara, dan lainnya) harus dilampirkan.
  7. Metode Review

    Artikel yang dinyatakan lolos dari penilaian awal editor bagian akan dikirim kepada Mitra Bebestari untuk ditelaah kelayakan terbit melalui proses blind review. Reviewer tidak akan mengetahui nama penulis atau sebaliknya. Hasil blind review akan menyatakan:

    1. Diterima
    2. Dibutuhkan revisi
    3. Penyerahan kembali untuk review
    4. Ditolak