ANALISIS PREFERENSI MASYARAKAT DALAM MEMILIH SUMBER FINANSIAL DI KECAMATAN MARPOYAN DAMAI PEKANBARU RIAU

Preferensi, Lembaga Keuangan Syariah, Lembaga Keuangan Konvensional

  • Emkhad Arif

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur preferensi masyarakat Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru dalam memilih sumber finansial.  Sumber finansial yang dimaksud meliputi pembiayaan syariah dan konvensional, namun demikian kajian ini lebih menitik beratkan terhadap preferensi masyarakat kepada institusi keuangan syariah.  Responden berjumlah 100 orang orang yang dipilih secara purposive yaitu masyarakat yang memiliki usaha di lingkungan Kecamatan Marpoyan Damai.  Analisis data yang digunakan dalam kajian ini adalah analisis deskriptif dan regresi logistik binary. Berdasarkan hasil analisis di atas maka didapati sebuah kesimpulan bahwasannya faktor yang mempengaruhi tingkat preferensi masyarakat di dalam memilih sumber finansial adalah faktor budaya masyarakat.

Referensi

Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Prehalindo
Schiffman, Leon dan Leslie Lazar Kanuk. 2008. Prilaku Konsumen, Ed. Ke-7. Jakarta: PT Index
Lichtenstein, S dan P. Slovic. 2006. The Construction of Preference. New York: Cambridge University Press.
Nachrowi, N. D. dan H. Usman. 2008. Penggunaan Teknik Ekonometri: Pendekatan Populer dan Praktis Dilengkapi Teknik Analisis dan Pengolahan Data dengan Menggunakan Paket Program SPSS. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
El-Bdour, R. 1984. The Islamic economic system: a theoretical and empirical analysis of money and banking in the Islamic economic framework. Unpublished PhD Dissertation. Utah State University, Logan-Utah.
Erol, Cengiz and Radi El-Bdour. 1989. Attitudes, behavior, and patronage factors of bank customers towards Islamic banks. International Banking & Marketing Vol. 7, No.6: 31-7.
Diterbitkan
2017-12-30
Cara Mengutip
ARIF, Emkhad. ANALISIS PREFERENSI MASYARAKAT DALAM MEMILIH SUMBER FINANSIAL DI KECAMATAN MARPOYAN DAMAI PEKANBARU RIAU. Jurnal Ekonomi KIAT, [S.l.], v. 28, n. 2, p. 81-91, des. 2017. ISSN 2597-7393. Tersedia pada: <http://jurnalkiatuir.com/index.php/kiat/article/view/40>. Tanggal Akses: 21 okt. 2018
Bagian
Artikel