Analisis Keputusan Wisatawan dalam Berkunjung ke Taman Nasional Tesso Nilo

  • Hardianti Hardianti Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Indonesia
  • Syahdanur Syahdanur Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Indonesia
  • Kamar Zaman Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengetahui faktor apakah yang mempengaruhi keputusan wisatawan dalam berkunjung ke Taman Nasional Tesso Nilo dan faktor manakah yang paling dominan mempengaruhi keputusan wisatawan. Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Sampel yang digunakan sebanyak 60 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Accidental Sampling, maka yang menjadi responden dalam penelitian ini adalah wisatawan yang berkunjung ke Taman Nasional Tesso Nilo. Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor sosial, pribadi dan psikologis berpengaruh signifikan terhadap keputusan wisatawan dalam berkunjung ke Taman Nasional Tesso Nilo dan faktor yang paling dominan adalah faktor psikologis dengan nilai t hitung sebesar 3,801. Nilai koefisisen determinasi (R²) menunjukkan bahwa variabel independen yang diteliti mampu menjelaskan 74,1% terhadap variabel keputusan wisatawan sedangkan sisanya 25,9% dijelaskan oleh variabel independen lainnya yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa faktor sosial, pribadi, dan psikologis adalah faktor yang mempengaruhi keputusan wisatawan dalam berkunjung ke Taman Nasional Tesso Nilo.

Referensi

Abdullah, Thamrin & Francis Tantri. 2016. Manajemen Pemasaran. Jakarta :PT Raja Grafindo Persada.
Hasan Husein, Asdar, Muhammad & Jusni. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Wisatawan Dalam Melakukan Kunjungan Wisata di Kota Tidore Kepulauan.
http://elib.unikom.ac.id/files/disk1/606/jbptunikompp-gdl-nurhaetini-30294-9-unikom_n-i.pdf (diunggah tanggal 18 Maret 2018, 20:18)
https://id.imwikipedia.org/wiki/Taman_Nasional_Tesso_Nilo (diunggah tanggal 29 September 2017, 14:54)
Kotler, Phillip dan Gary Amstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Terjemahan oleh Bob Sabran. Jakarta : Penerbit Erlangga.
Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Terjemahan oleh Benyamin Molan. Jakarta : Penerbit Erlangga
Lupiyoadi, Rambat. 2008. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : Salemba Empat.
Maharani, Nina. Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Konsumen Terhadap Produk Iphone di Bandung.
Mayasari, Popy. 2013. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Pemasangan Kawat Gigi (Behel) Pada Klinik Ahmad Yasin Di Pekanbaru.
Mowen, John C. 2002. Perilaku Konsumen. Terjemahan oleh Lina Salim. Jakarta : PT Penerbit Erlangga.
Nazir, Moh. 2003. Metode Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia.
Oetarjo, Mas. Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Minat Berkunjung ke Wisata Bahari Lamongan.
Pranata, Nyoman Indra & Rahanatha, Gede Bayu. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Wisatawan Domestik Berkunjung ke Bali Safari & Marine Park, Gianyar Bali.
Pranita, Ade Ayu. Proses Pengambilan Keputusan Wisatawan Dalam Mengunjungi Taman Agrowisata Bukit Naang Kecamatan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar Provinsi Riau.
Prasetyo, Aji. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Wisatawan Dalam Berkunjung Ke Obyek Wisata Waduk Gajah Mungkur Wonogiri.
Riduwan. 2002. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung : Alfabeta.
Siregar, Syofian.2010. Statistika Deskriptif untuk Penelitian. Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada.
Suroto, Karunia Setyowati, Zaenal Fanani and Bambang Ali Nugroho. 2013. Factors influencing consumer’s purchase decision of formula milk in Malang City.
Diterbitkan
2018-12-31
Cara Mengutip
HARDIANTI, Hardianti; SYAHDANUR, Syahdanur; ZAMAN, Kamar. Analisis Keputusan Wisatawan dalam Berkunjung ke Taman Nasional Tesso Nilo. Jurnal Ekonomi KIAT, [S.l.], v. 29, n. 2, p. 75-81, des. 2018. ISSN 2597-7393. Tersedia pada: <http://jurnalkiatuir.com/index.php/kiat/article/view/77>. Tanggal Akses: 16 juli 2019
Bagian
Artikel